Sejarah Daihatsu Di Indonesia

Daihatsu surabaya - Sejarah Singkat Daihatsu Di Indonesia Dari Tahun Ke Tahun


Daihatsu Surabaya
Daihatsu, dengan mengusung slogan baru “Innovation for Tomorrow” berusaha untuk terus berinovasi demi menciptakan produk-produk yang berkualitas, bermanfaat, serta tetap ramah untuk lingkungan. Dengan pengalaman dalam industry otomotif selama puluhan tahun, Daihatsu terus membangun diri untuk mampu menjadi ‘Merek Global yang Dicintai Seluruh Dunia’

Daihatsu adalah manufakturer mobil tertua di Jepang, bahkan lebih tua dari Toyota. Ia berdiri sejak tahun 1907, dengan kantor pusatnya berada di Ikeda, prefektur Osaka, Jepang.

Daihatsu merupakan versi penerus dari Hatsudoki Seizo Co., Ltd yang berdiri sejak tahun 1907. Hatsudoki Seizo banyak terpengaruh oleh departemen teknik di Universitas Osaka, yang berkonsentrasi pada pengembangan mesin berbahan bakar bensin.

Daihatsu Surabaya

Di tahun 1930, Hatsudoki berhasil memproduksi kendaraan beroda tiga yang disebut sebagai ‘HA Model’ dan masuk ke pasar penjualan. Model ini adalah model mobil pertama yang diproduksi Daihatsu. Baru pada tahun 1937, mereka mulai menjual model ‘FA model’ yang beroda 4.

Bulan Mei 1939 mulai dioperasikan Ikeda Plant. Nama Daihatsu Motor Co., Ltd mulai digunakan sejak tahun 1951. Beberapa mobil produksi yang diproduksi dan dijual oleh Daihatsu Motor Co., Ltd secara berturut-turut yakni mobil BEE beroda tiga (1951), Midget (1957), Vesta (1958), dan Hijet (1960).



Founder Profile
Profesor Yoshiaki Yasunaga dan Seishiro Tsurumi, yang merupakan kepala dari Osaka Higher Technical School (sekarang School of Engineering, Universitas Osaka), menginisiasi didirikannya Hatsudoki Seizo Co., Ltd yang merupakan cikal bakal dari Daihatsu Motor Co., Ltd.

Pendirian Hatsudoki Seizo juga tak luput dari peran grup pebisnis yang terdiri dari Saneyasu Oka, Masashi Kuwabara, dan Zenjiro Takeuchi.

EVOLUSI MOBIL DAIHATSU

Daihatsu Hijet - 1960

Daihatsu Hijet adalah minibus dan pickup yang diproduksi sejak tahun 1960. Meskipun kesamaan antara nama Hijet dan skema penamaan Toyota untuk truk dan van (Hiace dan Hilux). Hijet mulai masuk ke Indonesia adalah sejak Hijet generasi ke enam muncul yang bernama Daihatsu Hijet Jumbo.
Daihatsu Taft - 1974

Daihatsu Taft adalah kendaraan berpenggerak 4 roda yang diproduksi oleh Daihatsu pada tahun 1974 sampai 2007. Di beberapa negara, Taft juga dikenal dengan Wildcat atau Scat atau Daihatsu Rugger.
Daihatsu Charade - 1977

Generasi pertama muncul pada bulan Oktober 1977. Itu adalah front-wheel drive mobil bermesin depan, awalnya hanya tersedia sebagai hatchback lima pintu, didukung oleh 993 cc tiga silinder, semua aluminium mesin (CB20) dengan 50 PS (37 kW).
Daihatsu Zebra Espass - 1994

Mulai diperkenalkan pada tahun 1994 menggantikan Daihatsu Hijet. Daihatsu Zebra Espass merupakan salah mobil yang diminati oleh masyarakat pada awal perjalananya. Model ini terakhir diproduksi pada tahun 2007 dan digantikan oleh Gran Max untuk tipe pikap dan minibus digantikan oleh Luxio.
Daihatsu Taruna - 1999

Daihatsu Taruna adalah mobil untuk segmen small SUV di Indonesia yang menggantikan Daihatsu Feroza. Mulai diperkenalkan pada tahun 1999, produksi dihentikan pada akhir tahun 2006 dengan model terakhirnya "Oxxy", yang berupa minor change dari model sebelumnya.
Daihatsu Xenia - 2003

Daihatsu Xenia adalah nama mobil jenis MPV yang dirancang dan diproduksi bersama oleh Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor. Mobil ini dipasarkan dengan 2 merek: Daihatsu Xenia Toyota Avanza.
Daihatsu Sirion - 2007

Daihatsu Sirion sebenarnya sudah dipasarkan di Jepang sejak tahun 1998 dengan nama Daihatsu Storia. namun, Daihatsu Sirion pertama kali dipasarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor pada bulan April 2007, sebenarnya menggantikan Daihatsu Ceria (sekarang digantikan oleh Daihatsu Ayla).
Daihatsu Ayla - 2013

Astra Daihatsu Motor kembali berkolaborasi dengan Astra Toyota Motor memproduksi bersama mobil Low Cost Green Car (LCGC) dengan merk Daihatsu Alya dan Toyota Agya. Alya sendiri berarti “cepat” dan Agya berarti “cahaya” yang diambil dari bahasa Sansekerta.
Hasil gambar untuk SIGRA
Daihatsu Sigra - 2016
Masih lanjutan dari kerjasama dengan Astra Toyota Motor, Daihatsu kembali memproduksi bersama mobil MPV 7_seater  yang masih masuk dalam segmen LCGC dengan merk Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.
Daihatsu New Ayla 1.200cc - 2017
Dan inilah hasil kolaborasi terbaru dari Astra Daihatsu Motor dan Astra Toyota Motor  di 2017 ini. Dengan tagline " New Look : More Stylish More Powerfull". Astra Daihatsu Motor memproduksi generasi penerus dari Daihatsu Ayla yang dibekali mesin 1.200cc


PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merupakan agen tunggal pemegang merek mobil Daihatsu di Indonesia. Melalui Daihatsu Sales Operation (DSO), ADM mampu mengoperasikan jarinan distribusi di seluruh Indonesia. Mengusung slogan “Daihatsu Sahabatku”, Daihatsu di Indonesia terus mengedepankan pelayanan dan inovasi untuk memudahkan pelanggan seperti seorang sahabat yang dapat diandalkan dan terpercaya.

Baca juga : [ PROMO XENIA SURABAYA ]
Baca juga : [ PROMO SIGRA SURABAYA ]
Baca juga :[ PROMO NEW AYLA SURABAYA ]

Daihatsu di Indonesia

Daihatsu semakin dikenal produknya di Indonesia melalui perusahaan joint venture antara Daihatsu dan Astra International, yaitu PT Astra Daihatsu Motor pada tahun 1992. Perusahaan inilah yang memegang merek Daihatsu/Toyota di Indonesia.


Daihatsu Motor Co., Ltd dengan pusatnya di Jepang, sejak 1 Agustus 2016 lalu resmi menjadi anak perusahaan Toyota Motor Company setelah semua sahamnya sukses dibeli oleh Toyota. 


Produk Daihatsu yang pertama hadir di Indonesia adalah kendaraan beroda tiga yang sering kita sebut sebagai bemo. Bemo pertama kali dikenalkan oleh Daihatsu di Indonesia pada tahun 1962. Sementara operasional untuk perakitan kendaraan Daihatsu di Indonesia baru dimulai pada tahun 1968.



Kini, Astra Daihatsu Motor lebih memfokuskan diri pada produksi mobil kompak di Indonesia. Mobil kompak didefinisikan sebagai mobil-mobil sedan berukuran kecil dengan panjang kurang lebih 4500mm. Mobil kompak didesain untuk 5 penumpang dengan rentang mesing 1,4L hingga 2,2 L. Pasar mobil kompak di dalam negeri menunjukkan tren yang bagus.



Tahun 2012 merupakan tonggak bersejarah dimana Toyota dan Daihatsu berkolaborasi dengan meluncurkan mobil kompak hemat BBM serta low budget, dengan merek Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla. Penjualan mobil Astra Daihatsu Ayla memberikan kontribusi yang besar pada saham Daihatsu. begitu juga penjualan dari Daihatsu Sigra.



Manufakturing
Pada tahun 2013, pembangunan pabrik keempat telah selesai dan diresmikan pada bulan April. Dengan tambahan pabrik baru ini kapasitas produksi ADM naik dari 360.000 unit menjadi 480.000 unit per tahun, merupakan yang terbesar di Indonesia.


Daihatsu Surabaya

Pabrik perakitan baru yang berlokasi di Karawang tidak hanya menggunakan proses otomatisasi yang canggih namun juga dilengkapi dengan Pusat Rancang Bangun yang dibangun diatas lahan seluas 25 hektar, termasuk studio desain beserta test course untuk uji coba kendaraan pada lebih dari 20 jenis simulasi kondisi jalan ekstrim yang terdapat di tanah air.

Saat ini, beberapa bagian test course telah dimanfaatkan dalam proses pengembangan mobil-mobil baru namun konstruksinya secara penuh diperkirakan selesai pada tahun 2014. 
Fase terakhir sarana ini yaitu Engineering Center diharapkan akan mulai beroperasi pada tahun 2015. 

Seluruh infrastruktur Pusat Rancang Bangun ditujukan untuk mempelopori inovasi pengembangan produk-produk secara mandiri di masa yang akan datang.

Global Market Share
Saat ini Daihatsu sepenuhnya menjadi milik Toyota, meski dari segi pendirian perusahaan, Daihatsu lebih dulu berdiri daripada Toyota. Awal mula Daihatsu bergabung dengan Grup Toyota adalah di tahun 1998 ketika Toyota membeli mayoritas saham Daihatsu (51,2%).


Daihatsu Surabaya


Terhitung sejak 1 Agustus 2016, Toyota membeli seluruh sisa aset Daihatsu Motor Company dengan harga 41,1 triliun. Ini menjadikan Toyota sebagai produsen mobil terbesar di dunia. Daihatsu Motor Company akan mewakili Toyota dalam produksi motor kompak, sementara Toyota akan berfokus pada produksi mobil kelas premium.

Daihatsu Motor Company di Indonesia bekerjasama dengan Astra International untuk mendirikan PT Astra Daihatsu Motor. Sebagian saham dimiliki oleh Daihatsu Motor Company dan sebagian milik Astra International.

Marketing Strategy
Daihatsu cukup berhasil dalam memasarkan produknya di Indonesia, terutama dari produk mobil Astra Daihatsu Ayla, sebuah mobil kompak yang mengusung konsep low cost green car (LCGC). Penjualan mobil Daihatsu Ayla mampu mendongkrak pendapatan Daihatsu.


Keberhasilannya patut diacungi jempol. Daihatsu memproduksi mobil Ayla dengan disesuaikan oleh kondisi masyarakat Indonesia. Peminat mobil dengan harga di bawah 200 juta semakin meningkat dengan adanya Daihatsu Ayla.

Selain itu, Strategi lain yang diterapkan untuk mendongkrak penjualan produk adalah dengan memperbanyak jumlah outlet. Mengapa? Karena outlet adalah tempat dimana pembeli akan melihat produk. Semakin banyak outlet, semakin sering dan semakin banyak produk dilihat.

Selanjutnya, meningkatkan standar pelayanan. Standar pelayanan yang baik akan memuaskan konsumen sehingga Daihatsu akan semakin terpercaya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »